Saturday 18 May 2013

Belajar Mempertahankan..

Kadang suatu perjalanan sebuah kisah itu perlulah suatu benteng yang tinggi, besar, kokoh. Benteng yang terbentuk dari ribuan batu batako, ratusan semen, bahkan puluhan tukang untuk mengerjakannya. Itulah sulitnya membangun suatu banteng yang begitu kokoh untuk pertahanan, untuk mempertahankan kehidupan kita.

Dunia ini seakan menjadi deretan kisah kita dalam menjalin suatu rasa, rasa yang bergejolak dari dalam hati. Rasa yang seakan sulit untuk diungkapkan ,ditebak, namun menanggung rasa yang amat menyakitkan luar biasa. Apa kah rasa itu kau ketahui artinya? Mencobalah mengerti untukku. Perasaan yang tumbuh semakin pesat, seperti virus yang menyerang tubuh manusia dan belum ditemukan vaksinnya. Itu rasanya, menyiksa namun jika kita lebih mengerti kadang itu membuat kita menjadi lebih baik pula. Mengerti artinya, memahami maknanya seperti itulah kiranya rasanya.

Hari demi hari, kian mantap perasaan ini. Aku mulai merasa takut kehilangan kamu. Rasa siksaan yang bertubi-tubi saat kamu tak ada disampingku, tak bisa menemani ku, tak ada seulas senyum kamu untukku. Kamu seakan menjadi pengendali otak, hati dan linangan air mata. Tuhan, inikah perasaan yang mungkin dia rasakan juga kepadaku? Cemas. Itu yang aku rasakan ketika kamu sedang berdekatan dengan sesosok makhluk yang sama sejenisku, yang biasa kunamainya wanita. Rasa takut akan kehilanganmu itulah yang seakan menghujam jantung perasaanku. Mungkin kamu tak tahu tentang itu. Karena dekat denganmu, menjalin kasih ini denganmu dan mencoba mempertahankannya itu sudah diterpa begitu banyak halangan. Aku mencintaimu, mungkin begitu pula kamu.

Kurasa kamu belum begitu mengerti apa yang sedang kurasakan, karena ku tahu kamu tak pernah sibuk untuk memikirkanku. Berdosakah jika aku sering menjatuhkan air mata ini untukmu? Berdosakan aku jika kamu selalu kunomorsatukan? Aku merasa aku selalu kehilangan kamu, kamu pergi meninggalkanku tanpa seutas ijin.

Janji kamu yang begitu banyak, hingga aku tak bisa menghitung berapa janjikah yang sudah kau ucapkan padaku dan engkau ingkari? Walaupun begitu sering kamu menyakitiku, dan begitu pula anehnya, maaf itu selalu dengan mudahnya terucap untukmu. Lihatlah aku yang hanya bisa diam dan membisu. Menahan perasaan ini sendirian, dengan begitu perihnya, mengiris, membuat seluruh isi dalam tubuh ini meronta ronta. Namun, aku mencobanya untuk kuat.

Tolong, pandanglah aku yang begitu mencintaimu dengan tulus, namun kau hempaskan begitu bulus.
Seberapa tidak pentingkah aku? Apakah aku hanyalah seperti pertigaan jalan yang kau lalui tanpa kau hiraukan? bahkan kau tinggalkan?

Aku merasakan sakit itu, namun aku mencoba untuk kuat. Bahkan kau seakan tak berdosa begitu lembutnya , begitu indahnya kau mengukir semua momen, sehingga semuanya akan menjadi kenangan, kenangan yang begitu rancu dan ambigu. Aku tak mungkin bisa berkata rindu kepadamu, jika berkali-kali kau seakan menciptakan jarak yang semakin menjauh. Apa aku tak berharga untukmu? Apa aku hanyalah boneka yang bisa mengikuti aturan mainmu? Apa aku tak pantas untuk merasakan bahagia bersamamu? Jika semua pertanyaan itu terlontar terlalu banyak untuk kau jawab.

Banyak orang yang berkata bahwa cinta itu tidak bukanlah hal yang harus benar-benar diperjuangkan. Namun, apakah aku salah jika aku tetap bertekad mempertahankan rasa cinta ini? Rasa yang sudah membuat semuanya menjadi ambigu? Rasa yang kadang menyiksa hati ini, membuat buliran air mata menetes dengan seenaknya tanpa henti. Kurasa kupunya alasan untuk belajar mempertahankanmu untukku disini.

No comments:

Post a Comment